Mengapa Srikandi?

aku ingin memberimu nama srikandi.

srikandi bukan semata karena nama itu terdengar eksotis dan manis. bukan semata karena rasa kecintaan terhadap budaya. dan pula bukan semata karena srikandi kerap diasosiasikan dengan perempuan jawa yang kuat.

karena bagiku Srikandi melambangkan kebebasan. kebebasan bagi wanita untuk terlepas dari gender. untuk menjadi mandiri dan kuat. untuk melakukan apa yang dia inginkan meski dikecam oleh angkasa raya. dalam cerita mahabharata, Srikandi adalah tokoh perempuan yang dibesarkan sebagai lelaki sehingga ia begitu maskulin dan lalu merubah kelaminnya menjadi lelaki. Srikandi memiliki keberanian untuk melakukan hal itu. untuk terlepas dari nilai moral dan norma dan menjadi lelaki. Srikandi menentukan normanya sendiri. nasibnya sendiri.

sedangkan dalam cerita Jawa, Srikandi merupakan prajurit wanita yang tangguh dan handal. Ia bahkan memimpin perang. meski dalam budaya jawa sendiri patriarkhi merupakan nilai yang kental. namun Srikandi dapat menjadi prajurit dan membunuh panglima perang musuh. Srikandi melakukan hal yang ia inginkan dan sukai, meski mungkin hal itu tabu. Srikandi menjadi inspirasi bagi kebebasan wanita.

dan aku ingin kamu dapat bebas. lepas. menentukan moral dan norma-mu sendiri sebagai manusia. menentukan jalan dan pilihanmu sendiri sebagai wanita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s