Manusia Antara

 

Kamu berada diantara dua sisi. Kamu berada tepat ditengah, tidak sesenti-pun condong ke sisi manapun. Dan kamu tidak bisa, tidak mau, tidak mampu, tidak—- entahlah, untuk melangkah. Kakimu terpaku ditengah. Dan kamu tidak memiliki cukup hati maupun cukup logika untuk melangkah. Kamu manusia antara.

namun jangan, jangan kamu katakan satu kata “antara” pun pada muka dunia. Atau dunia akan mulai mengenakan wig putih tua nya dan mengubah tanah yang kau pijak menjadi meja hijau pengadilan. Kamu diadili. Karena kamu berada diantara dan kamu tidak punya cukup hati dan logika untuk melangkah.

Illusion of grandeur. Kenapa kamu tidak bisa menerima saja bahwa kamu kecil dan bodoh dan tidak tahu apa apa, dan jalani saja sebagaimana orang lain menjalaninya. Kenapa kamu harus bersusah payah keluar jalur dengan segala resikonya padahal kamu sendiri tidak memiliki cukup kuasa, intuisi, dan intelektualitas untuk mencipta arusmu sendiri? Illusion of grandeur. Mungkin kamu merasa hebat ketika kamu berhasil keluar, meski ketika kamu diluar, kamu terkatung, terantuk, dan hilang. Illusion of grandeur. Mungkin kamu hanya manusia sombong yang tak mau menerima saja apa yang disuguhkan didepanmu dan justru memilih untuk menempuh jurang gelap karena kamu merasa kamu besar, cukup besar untuk mengais sendiri daripada sekedar menerima. Illusion of grandeur. Sombong. Illusion of grandeur.

Kini kamu berada diantara. Tak guna berlari ke belakang, hati dan kepalamu tak akan menerima. Tak ada jalan kecuali untuk terus menimbang dan meramu jawaban, pilihan. Haha, apalah bagusnya seorang manusia jika ia bahkan tidak memiliki kemampuan untuk memilih sedangkan hidup adalah kumpulan dari pilihan-pilihan yang secara konstan muncul dan tak dapat diabaikan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s