konspirasi tik dan tok

malam itu tik dan tok berdiri berhadapan disekat oleh sebuah meja persegi besar dengan sebuah kertas biru besar, dua cangkir kopi, dan berbagai kertas putih kosong yang berserak diatasnya. mereka berbincang serius, sambil sesekali tertawa. terbahak maupun tersedu. mereka menunjuk nunjuk kertas biru yang terbentang dihadapan mereka, menggurat kertas, untuk lalu meremasnya dan melemparnya ke lantai. lampu remang diatas mereka terlihat lelah menonton perbincangan (atau perdebatan?) mereka yang tak kunjung usai. panjang. melingkar. rumit. seperti labirin yang dibangun Daedalus untuk mengurung Minotaur. rumit. padat. berliku.

pasalnya, baru-baru ini ada entitas misterius yang tahu-tahu berniat mencipta kehidupan di sebuah planet bernama bumi. pasalnya lagi, tik dan tok diminta turut mengorganisir kehidupan tersebut, memberinya kebermaknaan dan keterbatasan. pusing lah kepala tik dan tok. inilah yang mereka perbincangkan sedari tadi, sedari — entahlah. nampaknya sudah terlampau panjang diskusi mereka. sudah bercangkir-cangkir kopi mereka tenggak. mungkin darah mereka kini telah menyaru hitam, pekat, pahit seperti kopi tubruk tanpa gula yang menjadi favorit para pegiat kopi.

tik menggebrak meja, diikuti teriakan dari tok yang berbunyi aha. mereka telah menemukan solusinya. maka mereka mulai menggurat pena diatas kertas biru yang tadinya baru bertuliskan “kertas biru kehidupan” pada bagian judul. dengan cekatan tik dan tok mengisi kertas biru tersebut dengan gambar dan tulisan. mewarnainya dengan pena warna-warni, memberinya goresan krayon disana dan disini, memercikkan tinta diatasnya serta mengguratnya dengan belati dan keris. inilah. inilah kertas biru kehidupan ala tik dan tok. mereka memutuskan mulai dari saat ini mereka akan terus berkejaran. mereka akan mengejar manusia dan dikejar manusia. menghimpit dan menyesakkan manusia dengan kelengangan maupun keramaian. mengisi tiap ruang kosong di bumi, membuatnya bergerak konstan kedepan, menjemput dan meninggalkan manusia didalamnya. menciptakan dan menghancurkan segala sesuatu. menghidupkan dan mematikan. melupakan dan mengingatkan. menjauhkan dan mendekatkan.

tik dan tok bertekad untuk tidak berhenti. tidak berhenti untuk apapun dan siapapun. tidak peduli apapun yang terjadi. tik dan tok tidak akan memberikan kompromi apapun

kecuali dalam satu kondisi;

dikala sepasang manusia sedang jatuh cinta, tik dan tok akan mengaburkan eksistensinya. membuat mereka lenyap dalam momen yang sejenak seakan abadi. tak habis dimamah waktu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s