sedihnya, hidup bukanlah film.

Terkadang, ingin rasanya mereduksi diri menjadi karakter dalam sebuah film. Karena dalam film selalu ada akhir. Selalu ada tanda titik. Cerita usai. Dan final. Terdapat plot, jalan, terdapat benar dan salah, baik dan buruk. terdapat segala sesuatu yang tepat. Seperti pasangan yang tepat, sikap yang tepat, waktu yang tepat, kondisi yang tepat, teman yang tepat.

Sedangkan hidup begitu pepat. Pengap. Tidak ada yang tepat. Tidak ada benar salah. Hidup begitu pepat dengan berjuta ide, kemungkinan, pilihan. Dan kepalamu pun turut engap. hidup begitu penuh dengan simpangan, tiap simpang membawamu ke kenyataan yang berbeda. kenyataan yang tidak sempurna, tidak pernah tepat, namun apa adanya. tidak tepat, namun apa adanya. dan tiap simpang tidak dapat di ulangi kembali. tiap simpang yang kau jejak mendefinisikan dirimu tanpa pernah dihapus kembali. tidak seperti film.

Sedangkan hidup tidak memiliki akhir cerita. Akhir adalah mati. Akhir adalah negasi dari hidup itu sendiri. Maka tidak ada final state dimana segalanya tepat dan benar. Hidup sejatinya adalah tangga tanpa ujung. Kita bergerak maju kedepan, melampaui diri selangkah demi selangkah tanpa pernah menggapai ujung tangga, the ultimate self. karena the ultimate self hanyalah bualan, kebohongan yang harus ada.

Sedangkan hidup adalah berlari. Berlari dari sesuatu atau menuju sesuatu atau keduanya. Namun kita tidak pernah berhenti berlari. Karena berhenti berarti runyam digilas waktu dan peradaban. Karena kini selalu dihimpit kemarin dan esok.

ah, hanya seorang naif yang membandingkan hidup dengan film.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s