sekedar pengingat, tidak pula menuntut.

Kepada seluruh perempuan-perempuan dunia yang kenes lagi ngenes

Bagaimana kabarmu hari ini? sehat? Sejahtera jiwa raga? Semoga, semoga kalian semua berada dalam dekapan kesejahteraan dimanapun kalian berada. Jikapun tidak sehat dan sedang menanti ajal, semoga kalian masih memiliki alasan untuk berbahagia. Jikapun ternyata sedang tidak punya alasan untuk berbahagia, semoga kalian masih punya kekuatan untuk bangkit.

Ah, prelude basa-basi yang basi.

Surat ini aku layangkan pada kalian semua, perempuan. Dariku yang juga perempuan.

Per-empu-an. Empu. Gelar bagi orang yang dihormati. Dan kita adalah per-empu-an. Sosok yang seharusnya dihormati pun menghormati. Tidak lebih dan tidak kurang. Bukan dewa untuk disembah, namun bukan pula keset untuk membersihkan tapak kaki. Kita manusia, sama seperti laki-laki, memiliki kewajiban menghormati, pun punya hak untuk dihormati.

Kini, perempuan-perempuan kenes, yang menjadi pertanyaan adalah : sudahkah kamu menghormati dirimu sendiri sebagai perempuan?

Menghormati dirimu sebagai individu yang memiliki pendapat? Menghormati dirimu sebagai individu yang punya hak dalam memutuskan pilihan dalam hidup? Menghormati dirimu sebagai subjek dan bukan objek yang dapat dikomodifikasi? Menghormati dirimu sebagai manusia yang setara dengan manusia lain terlepas dari perbedaan gender?

Aku tidak ingin bicara panjang lebar mengenai emansipasi perempuan. Aku yakin kalian sudah bosan mendengarnya. Sekadar ingin mengingatkan perempuan-perempuan di dunia, untuk tidak lupa menghormati diri dan mengaktualisasi diri.

Sebagai penutup surat yang singkat dan tidak manis ini, aku ingin mengingatkan kalian akan sebuah kutipan dari Nyai Ontosoroh, dalam buku Bumi Manusia karangan Pramoedya Ananta Toer

Jangan sebut aku perempuan sejati jika hidup hanya berkalang lelaki. Tapi bukan berarti aku tidak butuh lelaki untuk aku cintai

-Nyai Ontosoroh

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s