rayakan duka-mu (kamu tidak pernah sendiri)

Kemarin malam, aku dapat melihat bibirmu yang kelabu bergetar menahan perih yang ia sisipkan dalam sunyi antar kalimat-mu.

Sahabatku sayang,

Menangislah. Meraunglah. Merintihlah. tak apa. hampa yang perempuan itu tinggalkan baik di jiwamu maupun di kamar hunianmu memang brengsek. Ia menuntut untuk diisi oleh tangismu. Maka isilah, hingga penuh, hingga meluap, hingga tumpah. Hingga ia jera dan tak mampu lagi menyesakkanmu. Tak apa. luka itu nyata bagi siapapun yang sedang dihimpit kehampaan. Dan kamu boleh, malah diharuskan untuk menangis. Air mata bukan kelemahan. Mereka bilang, air mata adalah kuatmu yang tidak dihargai.

Dan kamu adalah seorang yang sungguh kuat. Maka menangislah kuat-kuat. Merengeklah. Tapi jangan pernah merengek untuk menjemputnya kembali. Kamu terlalu berharga untuk itu. jalanmu masih sangat panjang daripada sekedar kau gunakan untuk berputar ditempat.

Tahukah kamu, keresahanmu, kehampaan yang kamu rasa ini, adalah media untuk mu bertumbuh dan menjadi besar? Berbahagialah mereka yang melulu resah, karena mereka melulu diberi kesempatan untuk berkembang. Untuk malih. Maka bersyukurlah kamu atas perih yang menggetarkan bibirmu ini. ia mengundangmu untuk mendewasa. Syukurilah pahit diujung lidahmu ini yang dulunya telah terlalu terbiasa membisikkan namanya. Karena pahit itu akan mengingatkan bahwa masih ada manis yang lain dalam hidup yang tidak hanya berkisar tentang ia.

Genggam tanganku, jika perih itu menjadi terlalu nyata untuk kau hadapi sendiri. jika hampa itu melahap seluruh senyummu. Aku akan menarikmu kembali berpijak pada harap. Karena kamu tidak pernah sendiri. kamu tidak harus melalui segalanya sendiri.

Aku hanya sejauh satu deringan telepon darimu. Jangan pernah merasa sendiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s