Alasan Untuk Bertahan

“beri saya satu alasan untuk bertahan!”

Cukup ajukan satu pertanyaan itu dan aku dapat menjawabnya dengan ratusan alasan, sayang. Ada begitu banyak alasan bagimu untuk bertahan. Dan aku akan dengan senang hati merapalkannya untukmu. Tidak perlu pula aku membuka buku catatanku, aku sudah hafal diluar kepala. Aku hafal, aku tahu betul, alasan-alasan bagimu untuk tetap bertahan.

Dan seharusnya pula, aku mengatakan alasan-alasan itu padamu tanpa kau minta. Jika saja aku yang dahulu sedikit lebih pintar dan bijak. Jika saja aku yang dahulu membuka mata sedikit lebih lebar. Jika saja aku yang dahulu tidak terlalu sibuk berotasi dengan diriku sendiri sebagai pusatnya. Barangkali… kamu akan tetap disini

Ah, sesal ini terlalu nyaman bersarang di dadaku. Namun memang seharusnya aku menyesal. Bagaimana tidak, kamu adalah keindahan. Kamu seperti bunga matahari yang ceria, selalu berusaha menjadi se-terang dan se-hangat matahari. Dan aku dungu, tidak dapat melihat kelopakmu yang mengering, meminta untuk aku sirami dengan kasih. Aku dungu, tidak dapat melihat kelabu yang kau masak hingga tanak di belakang kepalamu. Aku dungu, maafkan aku sayang.

Siapa pula yang menyangka, bahwa aku akan kehilanganmu secepat ini. semudah ini. setragis ini.

Namun kepergianmu membuka mataku. Pantaskah aku mengucapkan terimakasih padamu? Rasanya tidak pantas. Kepergianmu memang membuka mataku, menyadarkan aku, namun tidak dengan cara yang aku inginkan. Alkisah, memang kesadaran datang dikala hidup menampar kita. Jadi, pantaskah aku mengucap terimakasih atas kepergianmu?

Aku ingat kala terakhir mataku menangkap kedua bola matamu yang terlalu kelabu untuk kuselami. Saat kau berdiri di  ambang jendela apartemen kita, mengucap selamat tinggal padaku dan dunia.

ah, coba saja kau tanyakan padaku dahulu, alasan bagimu untuk tetap bertahan…. aku dapat habiskan siang dan malamku, merapalnya bagai mantra. Seandainya itu bisa menarik mundur waktu. Menyalahi gravitasi dan mengembalikanmu ke pelukku.

Advertisements

2 thoughts on “Alasan Untuk Bertahan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s