Is Life a Zero Sum Game?

Hidup sungguh lucu.

Biasanya tulisan yang diawali dengan kalimat tersebut adalah tulisan yang klise yang membahas ulang apa yang sudah begitu sering dibicarakan orang dari zaman dahulu kala. Tapi bukankah jika topik tersebut sudah dibicarakan berkali-kali dan tak ada habisnya maka berarti topik tersebut timeless dan akan selalu relevan? Menurutku begitu. So bear with it. Saya akan membicarakan tentang sesuatu yang kemungkinan besar sudah kalian ketahui dan mungkin akan membuatmu “blergh” tapi hey, mungkin kalian dapat melihatnya sebagai pengingat alih-alih sebagai sesuatu yang super-klise dan merupakan bukti bahwa saya sangat tidak kreatif untuk muncul dengan topik baru yang lebih segar dan ‘renyah’. Atau mungkin, memang benar bahwa “there’s nothing new under the sun”.

Actually, i write this because i had a cliche revelation today.

Cukup dengan pembukaan yang terlalu panjang ini, maka saya akan ulangi lagi kata pembuka basi dan membosankan saya diatas:

Hidup sungguh lucu.

Dan mungkin memang benar, Tuhan (Jika Ia memang ada, dan oh saya sungguh berharap ia ada) maha asyik (Mengutip dari frasa yg dipopulerkan oleh Simbah Sujiwo Tejo).

Ya, hidup lucu, kamu bisa benar-benar merasakan putaran roda giginya. Menggilas tulang-tulangmu, meremukkan jiwa dan semangatmu, membuangmu dalam kubang depresi dan keputus asaan. Namun roda gigi itu berputar. Dan tahu-tahu kamu menemukan dirimu bahagia, dan segala harapanmu terkabul. Segalanya dengan aneh dan misterius terposisikan ditempat-tempat yang tepat dan waktu-waktu yang tepat. Entah mengapa, kamu sama sekali tidak paham, tapi itu yang terjadi, out of nowhere, you made it. You made it to the primest position in your life, holding whatever it is you want. While you are not sure what kind of effort have you put into whatever this is that took you here to this point in life.

Kamu merasa tidak pantas, tapi kamu menikmatinya. Dan jelas kamu pun gelisah, karena roda gigi itu berputar, kamu akan tergilas remuk lagi oleh hidup. Tentu. Broken bones and broken spirit is something that we will always have to deal with in life. Kamu hanya perlu menerimanya. Dan ini, kesadaran bahwa roda gigi itu selalu berputar, membuatmu memiliki harap ketika kamu berada di titik paling rendah paling nadir dan merasa bahwa tidak ada lagi masa depan bagimu. Kecuali kamu berumur tua dan sedang terbaring menunggu ajal, masa depanmu memang hanya satu: ajal. Namun kamu yang masih aktif terlibat dalam putaran roda gigi hidup itu dan tidak berada dalam ambang kematian, kamu masih punya kesempatan dan harapan. Kamu masih memiliki alasan untuk hidup karena esok, menawarkan peluang baru.

Wait.

Kini ketika saya berfikir lagi tentangnya, saya menyadari satu hal lain. Bahwa harap adalah motor penggerak kita dalam hidup. Bisa jadi, harap lah yang menggerakan roda gigi tersebut, Kita berharap maka kita berjuang, maka roda gigi berputar. Namun roda gigi lain, dari kehidupan orang lain yang bukan kita juga turut berputar, dan karena kita terhubung, maka roda gigi lain tersebut memaksa kita untuk terus berputar meski itu berarti turun. When we are gaining something, someone else is losing something. Dreams do come true, but other dreams got crushed too.

But is life a zero sum game?

Is it?

Let me know what you think.

Advertisements

2 thoughts on “Is Life a Zero Sum Game?

  1. Setuju. Saya pribadi mendefinisikan didalam hidup manusia ada 3 kekuatan yang paling besar. Mimpi, Harapan, Usaha. Harap itu memang tidak ada habis-habisnya. Dalam hidup manusia bisa saja berharap pada hal yang dianggap paling mustahil sekalipun, yang kebanyakan dikatakan “naif” oleh sekitar. tapi itu keunikan dan kekuatan yg sulit diukur dengan apapun. bahkan dalam kondisi paling nihil sekalipun, harap masih bisa tumbuh didalam manusia.

    note : saya pengagum tulisan anda. Keep writing!

    Best regards

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s