Supernova!

Ibu, aku akhirnya melihatnya. Aku melihat cahaya itu. Cahaya itu yang bersinar sangat terang hingga membakar retinaku, kepalaku dan dadaku. Cahaya yang bersinar sangat terang di antara kegelapan yang membosankan. Cahaya yang bersinar sangat terang melebihi nyala api meteor kala bergesekan dengan lapis atmosfer.

Ibu, kurasa aku menemukan supernova-ku.

Ibu, cahaya itu dapat meniadakanku. Cahaya itu membakar, dan aku terbakar nyala nya. Aku pupus, ibu. Sirna. Lumat. Musnah ditelannya. untuk beberapa menit yang menyenangkan kurasa aku turut menyala bara, ibu. Membakar. Terbakar. Dibakar. Bakar. Pasiku mamah. untuk beberapa menit yang menyenangkan. untuk beberapa menit. semata menit. enggan mengulur jarum menuju jam.

Ibu, Kurasa aku menemukan mati-ku.

Ibu, aku terhempas. Aku terserak. menyerak. menyerpih. Usah aku merangkak menggandeng tiap serpih kembali. Menguntainya jadi satu yang padu. Usah aku meniti punggung sang angin, membujuknya untuk menguntalku kembali utuh. Aku menyerak dan aku berserah. Pada kehendak Yang Berkehendak. Kutemukan keberserahan kali ini, ibu.

Lihat, ibu! Debuku mengerjap perak! Debuku memantul cahya! Ilahi kah itu, Ibu?

Ibu, oh, Ibu! Tewas aku!

Meteor itu melesat pergi, Ibu. Kikis oleh atmosfer. Kini debu kosmiknya tersisa. nyaru denganku. Dengan kerlap kerlip debu semesta yang mantulkan cahya.

Supernova-ku redup, ibu. Lihat, ia mengerjap lelah. Matanya sembab. Dadanya membengkak. Sakitkah ia, Ibu? Apakah debuku menelisip dalam matanya? Lihat matanya mengalirkan untai permata mendung!

Mega mendung menggayut di angkasa kelabu. Siap menjatuhkan rerintiknya yang gemar berserah pada gravitasi.

Ibu, apa ini yang memelesak diantara rusukku? Apa ini yang berdentam keras dalam satu ketukan nyaring di antara kedua telingaku?

Ibu, aku telah binasa. Kali ini benar-benar binasa.

One thought on “Supernova!

Leave a Reply

