The Everyday Heroes

Memulai tahun ini dengan merantau untuk pertama kalinya, I was ecstatic. Sejak SMA, aku sudah bermimpi untuk tinggal di kota lain dan menghadapi ribuan kemungkinan yang muncul. Sayang, impianku untuk kuliah di kota lain pupus karena ultimatum dari Ayahanda yang tak mungkin kubantah.

Kesempatan untuk merantau justru muncul saat aku menginjak paruh akhir 20-an. Bukan usia yang umum untuk memulai hidup baru di tempat baru memang, tapi semangatku nyatanya masih sama. I board my train to the capital city with this giddy excitement on my chest, although leaving my hometown wasn’t easy.

Tentu saja, menjadi anak rantau walau sudah lebih stabil secara emosional maupun finansial, terbukti tidak mudah. Aku rindu kota asalku dan keluarga, kesepian, dan merasa canggung di tengah orang-orang yang terlihat sangat berbeda dariku. Bahkan mengunjungi supermarket untuk belanja pun terasa menantang karena jalan yang nggak kukenali.

Tapi keadaan inilah yang bikin aku merasakan pentingnya meminta tolong dan menerima uluran tangan sekitar. Menemukan pahlawan sehari-hari di sekitar kita, yang membuat kehidupan menjadi lebih baik. Aku belajar menekan egoku yang ingin selalu hidup mandiri dan tidak bersandar pada kebaikan dan bantuan orang lain.

Heroes come in many shapes and colors

Flickr

Bicara pahlawan, mungkin yang kita bayangkan adalah Jenderal Sudirman yang angkat senjata mengusir penjajah, atau Kartini yang memperjuangkan hak perempuan untuk menuntut ilmu. Pahlawan adalah sesuatu yang besar, mereka yang berhasil mencapai hal-hal menakjubkan dan mengubah kehidupan orang banyak.

Namun seiring dengan berjalannya kehidupan, sepertinya makna pahlawan pun turut meluas. Bukan hanya mereka yang berjasa bagi bangsa dan negara. Namun mereka yang berjasa bagi lingkungan sekitar dan individu lain, juga patut menyandang gelar sebagai pahlawan. Mereka yang menjadi roda gigi dari masyarakat modern, berjasa membangun kehidupan, as we know it.

Di ibu kota, pahlawanku adalah bapak porter kereta api yang membantuku mengangkut barang-barang dari kereta hingga menuju lokasi penjemputan. Bapak kos yang membantuku settling di tempat tinggal baru, serta mengangkut sampah setiap pagi dari depan kamar kos. Ibu penjual sayur di gang yang memberikanku opsi untuk belanja mudah tanpa harus ke pasar atau supermarket. Pekerja umum yang membenahi lubang di tengah jalan agar tak ada lagi orang yang celaka. Atau Super Agen yang membantu para pemilik warung sembako untuk kulakan lebih mudah.

Mereka, yang membuat kehidupan lebih baik bagi sekitar. Roda gigi masyarakat, yang memastikan hidup terus bergulir untuk semua orang

I Am Too, A Hero

Unsplash

Sadar nggak, kalau aku dan kamu juga pahlawan bagi sekitar? Apapun pekerjaanmu, se-egois apapun alasanmu dalam mengambil pekerjaan itu, tapi pekerjaan kita bermanfaat lho untuk orang lain dan diri sendiri.

Aku adalah seorang copywriter, reviewer, dan marketing associate. Aku memberikan manfaat bagi sekitar dengan mewartakan kehadiran produk yang mungkin dibutuhkan orang lain. Seems minuscule, ya? Tapi itu caraku menjadi pahlawan bagi sekitar. Nggak harus kerja sosial, nggak harus jadi orang paling self-less sedunia untuk jadi pahlawan kok. Aku bisa, kamu bisa, kita semua bisa jadi pahlawan dan berkontribusi bagi sekitar.

Aku juga menjadi pahlawan untuk diri sendiri dengan terus berupaya mengadopsi pola pikir serta gaya hidup yang lebih sehat. Nyatanya, kita semua butuh untuk menjadi pahlawan bagi diri sendiri. Memeluk diri saat resah dan insecure. Meyakinkan diri saat kita merasa tak cukup baik. Memberi waktu bagi diri untuk beristirahat dan melakukan hal yang membahagiakan.

If that’s not enough, ada kok cara lain menjadi pahlawan. Yakni dengan menulis. Menuangkan idemu, buah pikirmu. Mengajak orang lain ikut dalam aktivitas positif seperti Kontes Blog Super Bercerita. Mengusung tema #KadoUntukPahlawan, kontes blog kali ini mengajak kita semua yang hobi blogging untuk berkisah tentang pahlawan-pahlawan di sekitar kita. Nggak hanya menyebar energi positif lewat tulisan, kita juga berkesempatan untuk mendapatkan hadiah hingga jutaan rupiah lho! Cek syarat dan ketentuannya di sini, ya!

Leave a comment